Co-Founder Ungkap Alasan Naughty Dog Dijual ke Sony pada Tahun 2001
Alasan Naughty Dog Dijual ke Sony Dulu Telah Dijelaskan oleh Co-Founder.-Foto ;ist-
HARIANOKUSELATAN.ID - Naughty Dog Dijual – Naughty Dog, salah satu developer andalan Sony yang telah menciptakan game-game eksklusif berkualitas tinggi untuk PlayStation, seperti Crash Bandicoot, Uncharted, dan The Last of Us, ternyata memiliki sejarah penting terkait akuisisi oleh Sony.
Baru-baru ini, salah satu pendiri Naughty Dog, Andre Gavin, mengungkap alasan utama di balik keputusan krusial tersebut. Keputusan untuk menjual perusahaan ke Sony pada tahun 2001 ternyata didasarkan pada kebutuhan untuk mengamankan masa depan studio di tengah biaya pengembangan game yang terus meningkat.
BACA JUGA:[RUMOR] Leaker Marvel Rivals Sebut Deadpool dan Hero Baru Akan Hadir di Update Season 1
BACA JUGA:Penjualan Dragon Age: The Veilguard di Eropa Lebih Rendah dari Star Wars Outlaws
Biaya Pengembangan Game yang Melonjak
Melalui unggahannya di LinkedIn, Gavin menjelaskan bagaimana Naughty Dog, yang awalnya dikenal sebagai JAM Software sejak didirikan pada 1980-an, mulai menghadapi tantangan finansial pada akhir 1990-an.
Pada tahun 1994, pengembangan Crash Bandicoot membutuhkan biaya hingga US$1,6 juta.
Biaya tersebut meningkat drastis pada tahun 1999 dengan proyek Jak and Daxter, yang menelan biaya hingga US$15 juta.
Menurut Gavin, biaya ini sangat jauh dibandingkan dengan era awal Naughty Dog, di mana pengembangan game hanya membutuhkan kurang dari US$50 ribu.
Keputusan Strategis untuk Masa Depan
Gavin menegaskan bahwa keputusan menjual Naughty Dog ke Sony bukan semata-mata untuk keuntungan finansial, melainkan untuk memastikan masa depan studio. Dengan menjadi bagian dari Sony, Naughty Dog memperoleh sumber daya yang lebih besar untuk mengembangkan game berkualitas tanpa harus terbebani oleh melonjaknya biaya produksi.
BACA JUGA:8 Menu Sarapan Sehat untuk Anak dan Dewasa, Pilihan Praktis dan Bergizi
BACA JUGA:BANTUAN DAN KEPEDULIAN UNTUK KORBAN KEBAKARAN DI OKU SELATAN
“Keputusan ini memungkinkan Naughty Dog untuk terus berinovasi dan menciptakan game terbaik,” ujar Gavin. Ia juga menyebut langkah ini sebagai keputusan yang tepat untuk mendukung ambisi besar studio tersebut.