Forum Kemitraan Bahas Realisasi BPJS di OKU Selatan
Rapat realisasi BPJS diwilayah OKU Selatan, Selasa 04 Juni 2024. -Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-
MUARADUA, HARIAN OKUSELATAN - Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Kabupaten OKU Selatan menggelar Rapat realisasi BPJS diwilayah OKU Selatan, Selasa 04 Juni 2024.
Rapat itu sendiri dipimpin Asisten III Drs. Herman Azedi, S. KM., MM diikuti oleh Forum kemitraan pengelolaan kerjasama fasilitas kesehatan bersama BPJS.
Asisten III Drs. Herman Azedi, S. KM., MM menyampaikan bahwa forum ini selain sebagai sarana silaturahmi juga untuk mendiskusikan terkait sejauh mana realisasi program BPJS ini khususnya di Kabupaten OKU Selatan.
"Semoga pertemuan ini dapat menjadi forum untuk sama-sama berdiskusi bagaimana memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakatnya," ungkapnya.
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Prabumulih, Dwi Asmariyati pada mengungkapkan bahwa forum kemitraan ini banyak membahas tentang profiling pelayanan kesehatan di Kabupaten OKU Selatan.
"Mulai dari fasilitas, pelayanan hingga upaya sinergi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik, termasuk pelayanan yang cepat berkualitas dan setarasetara di mana hal ini dirasakan langsung oleh masyarakat," ucapnya.
BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Optimalkan Aplikasi
BACA JUGA:Gakumdu Limpahkan Ke Pemda Kasus Pemilu di Desa Balaian
Terkait cakupan pelayanan semesta Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten OKU Selatan hingga saat ini cukup baik yang mencapai 96 persen. Namun, lanjutnya UHC ini bukan sekadar cakupan kepesertaan melainkan juga bagaimana fasilitas, pelayanan kesehatan termasuk SDM.
"Dan UHC ini juga tentang proteksi sehinnga peserta itu tidak terbebani finansial. Di sini membutuhkan peran pemerintah, karena untuk mewujudkan beberapa hal ini tidak bisa dilakukan oleh BPJS sendiri," ujarnya.
Pada kesempatan itu juga pihak BPJS menyampaikan hasil evaluasi baik dari segi kemitraan maupun pelayanan kesehatan di Kabupaten OKU Selatan.
Menurutnya, hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi sinergi pemerintah dan BPJS untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Dijelaskannya bahwa BPJS ditegaskan oleh Presiden dan Wakil Presiden untuk terus meningkat kualitas pelayanan kepada masyarakat. Serta BPJS sendiri memiliki Transformasi Mutu layanan yaitu Mudah, Cepat dan Setara.
BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Tinjau Progres Bangunan Waduk
BACA JUGA:Abusama-Misnadi Resmi Dapat Dukungan NasDem di Pilkada OKU Selatan 2024
"Untuk melaksanakan program-program ini tentu butuh support dari pemerintah karena tentu ini bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat untuk pelayanan yang bermutu," jelasnya.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten OKU Selatan yang hadir pada pertemuan ini mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya kerap mendapatkan aduan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan ini salah satunya BPJS Kesehatan.
Menurutnya, pertemuan ini sekaligus menjadi evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengkomunikasikan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang menjadi kebutuhan dasar masyarakatnya ini.
"Kami berharap agar pelayanan kesehatan ini terus meningkat dan berkualitas. Karena ini adalah kebutuhan dasar masyarakat, ini kewajiban kita kepada masyarakat," tegasnya. (Dal)